Anak Jaman Now Nggak Bakal Tau Serunya 5 Permainan Ini

198
permainan tradisional lompat tali via gnfi
permainan tradisional lompat tali via gnfi

Seiring perkembangan zaman, tak bisa dipungkiri lagi jika anak masa kini sudah tidak bisa lepas dengan gadget canggih yang mereka punya. Berbeda dengan anak zaman sekarang yang cendrung menjadi pasif bahkan bisa menghabiskan waktu dengan bermain di depan layar komputer atau gadget canggih mereka, jika dibandingkan dengan anak zaman dulu yang lebih aktif bermain dengan teman-temannya dihalaman rumah bahkan dilapangan.

Jika kalian anak generasi tahun 90an, maka sudah pasti kalian masih mengingat beberapa permainan yang sering kita mainkan dulu. Sekedar mengenang masa lalu untuk bernostagia, ada beberapa permainan yang menjadi permainan favorit era 90an yang kini hilang ditelan gadget.

Berikut 5 Permainan Paling Pupoler yang tak bakal di kenal anak jaman now

5. Kelereng

Bagi kalian yang dulunya mempunyai banyak kelereng, pastinya rasa bangga akan menyinggahi. Yup, Beberapa dari kita dulunya pasti pernah mempunyai kelereng, entah untuk dikoleksi ataupun untuk bermain.

permainan tradisional via banananina
permainan tradisional via banananina

Permainan kelereng ini juga tidak tergolong sulit, walaupun sedikit dibutuhkan keahlian khusus dalam menembak kelereng lawan, namun setiap anak pasti bisa melakukannya. Teknik membidikpun akan sangat diperhitungkan dalam bermain kelereng. Tidak hanya senang kemenangan yang dirasakan, akan tetapi kebersamaanlah yang utama.

4. Lompat Tali

Selain permainan kelereng, lompat tali juga merupakan salah satu contoh permainan sederhana yang mengasung nilai kebersamaan dan kerja sama tim. Namun permainan yang menjadikan karet sebagai subjek ini biasanya sering dimainkan oleh anak perempuan. Dalam permainan ini yang sangat diperlukan adalah kemampuan melompat tali karet.

permainan tradisional lompat tali via gnfi
permainan tradisional lompat tali via gnfi

Ukurannya pun bermacam-macam, mulai dari ketinggian sebatas lutut hingga tingginga sampai acungan tangan.

Lompat tali ini biasanya dimainkan oleh dua grup atau individual dengan minimal 3 anak. Kelompok yang kalah akan memegang tali dan yang menang melompat. Ketika pemain yang melompat gagal maka mereka akan bergantian hingga setiap orang dalam kelompoknya menggantikan sampai berhasil, dan jika setiap orang dalam kelompok tidka berhasil, maka mereka akan berganti posisi dengan kelompok lain.

3. Engklek

Dibeberapa daerah permainan ini mempunyai nama yang berbeda-beda, seperti halnya didaerah saya, permainan ini disebut dnegan istilah Ceprak. Permainan yang berasal dari Sunda Manda atau yang disebut sebagai engklek juga terkenal di kebanyakan kalangan perempuan zaman dulu, selain permainannya yang sangat sederhana permainan ini juga tidak terlalu menguras tenaga seperti halnya bermain Loncat Tali.

permainan tradisional Engklek via konsep
permainan tradisional Engklek via konsep

Awalnya para pemain atau kelompo akan menggambar tanah dnegan bentuk kotak-kotak, setelah itu para pemain akan melakukan Hompimpa untuk mengambil kesepakatan siapa atau kelompok siapa yang akan bermain lebih dahulu.

Setelah sepakat mereka akan mulai bermain dengan berbekal gacuk yang biasanya terbuat dari pecahan genteng tipis yang akan dilempar ke setiap kotak secara berurutan.

2. Benteng

Permainan yang satu ini merupakan permainan strategi yang cukup terkenal dikalangan anak era 90an. Selain mengandalkan strategi para pemain juga diharuskan mempunyai kecepatan dalam berlari, jika tidak maka benteng akan direbut oleh lawan atau grup lain. Dalam permainan benteng biasanya terdiri dari dua kelompok dimana masing-masing kelompok akan mempunyai anggota minimal 4 hingga 8 orang anak.

Permainan Tradisional Bentengan via azzamaviero
Permainan Tradisional Bentengan via azzamaviero

Mereka akan saling berbagi tugas, ada yang menjadi penyerang, pengganggu, penjaga benteng sampai mata-mata.

Mereka biasanya menggunakan Tiang atau Batu sebagai benteng yang harus dijaga ketat. Sementara itu orang yang waktunya paling dekat ketika menyentuh benteng, dialah yang akan menjadi Penawan dan Pengejar lawan. Masing-masing kelompok akan saling menyerang untuk bisa mengambil alih benteng lawan dan ketika salah satu dari kelompok berhasil menyentuh benteng lawan dan mengucapkan “BENTENG” maka dialah kelompok yang akan menang.

1. Gobak Sodor

Selain permainan Benteng yang membutuhkan strategi, ada satu lagi permainan yang juga membutuhkan strategi dalam bermain yaitu Gobak Sodor atau didaerah saya biasa disebut Selodor. Jenis permainan ini jua terdiri dari dua grup, dimana masing-masing grup mempunyai pasukan sebanyak 3 hingga 6 orang. Biasanya permainan ini dilakukan di kawasan luas atau lapangan.

Permainan Tradisional Gobak Sodor via kotametro
Permainan Tradisional Gobak Sodor via kotametro

Salah satu grup bertugas untuk menjaga agar tidak ada lawan yang bisa melewati garis. Sementara itu kelompok yang tidak menjaga garis akan berusaha keras untuk memancing dan mengatur dtrateginya agar bisa melewati garis atau wilayah yang dijaga hingga kembali ke posisi semula sebelum berangkat melewati garis.

Nah, itu dia 5 permainan favorit era 90an yang kini hilang ditelan zaman. Selain beberapa permainan diatas, sebenarnya masih banyak lagi permainan-permainan asik jaman kecil dulu, seperti bermain gamebot, gasing, layang, bola bekel dan masih banyak lainnya.

Jika kalian masih mempunyai permainan ciri khas di daerah masing-masing, kalian bisa mengirimkan artikel ke kami atau melalui komentar dibawah.