Beranda Sport Healt

4 bahan Alami Ini Bisa Bersihkan Nikotin dan Tar di Paru-paru

168
Kacang Brazil Dapat Meningkatkan Kesehatan Paru-paru
Kacang Brazil Dapat Meningkatkan Kesehatan Paru-paru

Menurut data yang diambil dari WHO, tembakau mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap kematian satu dari sepuluh orang dewasa dan jika di perhitungkan kedepannya akan berdampak sangat kritis karena dapat menyebabkan kematian sekitar 8 juta pertahun pada tahun 2030 mendatang. Seperti yang diketahui, tembakau mengandung banyak zat karsinogenik yang dikenal sangat berbahaya bagi kesehatan. Zat-zat tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit iskemik atau yang biasa disebut dengan penyakit jantung, kanker paru-paru, sindrom kematian mendadak pada bayi, infeksi pernapasan dan juga asma.

Merokok atapun menghirup asap rokok dari orang lain bisa memungkinkan anda mengekspos lebih dari 400 bahan kimia termasuk zat karsinogenik yang berbahaya. Namun sejauh ini sayangnya tidak mudah untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Hal ini disebabkan karena pada rokok atau tembakau memiliki substansi nikotin yang bekerja pada otak dan dapat menciptakan ketergantungan, selain itu nikotin juga memberikan efek perasaan senang, relaksasi dan stimulasi intelektual.

Nikotin juga mengandung anxiolytic (kecemasan), antidepresi dan penekan nafsu makan yang bekerja pada semua sistem fisiologis tubuh termasuk (otak, produksi insulin, aliran darah, juga sekresi hormon) akan tetapi ia tidak bertanggung jawab atas kanker yang ditimbulkan akibat merokok melainkankarsinogen yang terkandung dalam asap rokok, ia jua mempunyai varian seperti hidrokarbon, logam berat dan nitrosamin yang bisa menimbulkan penyakit seperti kanker paru-paru, gangguan pada kantong kemih, kerongkongan, usus termasuk ovarium.

Untuk meminimalisir hal tersebut, berikut ada beberapa solusi alami yang bisa membantu anda untuk membersihkan paru-paru dari kandungan berbahaya pada rokok seperti nikotin dan tar :

#Jahe

Jahe dipercaya sangat efektif dapat membuka bronkus dan mempromosikan pengusiran lendir. Kandungan antibakteri, antiseptik dan anti-inflamasi pada jahe dapat mengurangi batuk dan paru-paru rapuh pada perokok aktif.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Paru-paru
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Paru-paru

Selain itu jahe juga kaya akan antioksidan yang tahan terhadap panas dan dapat menghilangkan radikal bebas untuk memurnikan paru-paru.

#Selenium

Selenium merupakan antioksidan yang dipercaya kuat dan dapat membersihkan paru-paru, namun sayangnya tubuh tidak dapat menciptakan dan mensintesis seleniu sendiri akan tetapi anda bisa mendapatkannya didalam makanan sehat atau suplemen.

Kacang Brazil Dapat Meningkatkan Kesehatan Paru-paru
Kacang Brazil Dapat Meningkatkan Kesehatan Paru-paru

Selain itu menurut beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa selenium dapat membantu untuk mencegah kanker prostat, paru-paru dan juga dapat mengurangi efek samping dari pengobatan kanker. Hal itu juga memungkinkan tubuh dapat menghasilkan glutation peroksidase yaitu sebuah enzim yang bekerja dengan vitamin E untuk melindungi membran sel terhadap oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas.

Satu-satunya makanan yang dapat menyediakan asupan harian yang sangat direkomendasikan adalah kacang-kacangan seperti kacang brazil karena kandungannya yang kaya akan vitamin E dan Selenium.

#Bawang

Bawang dapat merangsang kesehatan paru-paru, selain itu bawang juga merupakan antioksidan yang dapat membantu membersihkan paru-paru dari akumulasi racun. Antioksidan yang terkandung dalam bawang dapat menetralisir radikal bebas yang terlibat dalam perkembangan penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker.

bawang
bawang

Menurut penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang dapat menurunkan berbagai jenis kanker. Penelitian ini memang dilakukan di Italia dan Swiss dan telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi tujuh bawang perminggu dapat mengurangi resiko kanker usus besar, laring dan ovarium. Bawang juga memiliki kemampuan untuk memperlambat proses penyebaran sel-sel kanker.

#Jeruk Bali

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa jeruk bali sangat efektif dan dapat mencegah penyakit berbahaya seprti kanker. Dalam hasil studi tersebut menemukan bahwa mengkonsumsi 1-4 jeruk bali dalam seminggu dapat mengurangi resiko kanker yang mempengaruhi saluran pencernaan dan sistem pernapasan bagian atas.

Jeruk Bali
Jeruk Bali

Kandungan antioksidan lomonoid dalam jeruk bali menunjukkan efek anti-kanker pada hewan dan dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Selain itu jeruk juga memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu memberihkan paru-paru.

Nah, itu tadi beberapa bahan alami yang dapat membantu anda membersihkan paru-paru akibat merokok. Apapun alasannya jika anda memahami betul uraian di paragraf pertama, kedua dan ketiga diatas maka tidak ada hal positif yang dapat diambil dari kebiasaan merokok. Oleh sebab itu sebaiknya sedia payung sebelum hujan dan alangkah baiknya mulai dari sekarang bagi anda perokok aktif, mulailah untuk mengurangi dan jika bisa hentikanlah kebiasaan merokok. Semoga bermanfaat.

BERBAGI